PERANCANGAN ILUSTRASI UNTUK BOARD GAME MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI SEIMBANG DI TK RUMAH CERDIK


Muhammad Hatta Heldy, Susilawati Thabrany, Mochammad Yana Hardiman

Abstract


TK Rumah CERDIK adalah sebuah program sekolah gratis dari divisi bina pendidikan Yayasan Bina Bangsa Berdikari, sebuah organisasi non-profit yang berdiri sejak tanggal 26 Mei 2017. TK Rumah CERDIK merupakan salah satu sekolah yang menjalankan kurikulum mata pelajaran tema: kebutuhanku, sub tema: makanan dan minuman, Pembiasaan: membawa bekal makan menu sehat (gizi seimbang) dan air putih hangat. Sebuah pelajaran yang mengedukasi murid untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang sejak usia dini. Namun sangat disayangkan, pada pembelajaran ini TK Rumah CERDIK kekurangan media bantu belajar. Selain itu materi pelajaran ini ditanggapi dengan minat rendah dari para murid. Oleh karena itu TK Rumah Cerdik membutuhkan media bantu belajar sambil bermain yang dapat mengedukasi anak-anak dengan cara menyenangkan. Sehingga media ini dapat membantu menarik perhatian para murid dalam belajar.  Maka dipilihlah board game sebagai media belajar sambil bermain, untuk menarik minat belajar dan mengedukasi murid dengan cara yang kreatif, interaktif, dan menyenangkan. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian kualitatif dimulai dengan melakukan studi literatur, wawancara, dan observasi. Data yang dikumpulkan setelah melakukan penelitian diolah menjadi arahan kreatif sehingga menghasilkan kata kunci yaitu Playful, Fun, dan Friendly. Kemudian kata kunci tersebut yang diolah kembali melalui mindmapping dan moodboard sehingga memberikan gambaran dan ide besar untuk konsep visual yaitu nuansa alam perkebunan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.