Analisis Elemen Desain Pada Kemasan Varian Baru Produk So Cookies


Virdilla Putri Rafifah, Sujendro Hery Nugroho, Novi Purnama Sari

Abstract


So Cookies merupakan usaha makanan ringan jenis kue kering dan sudah berdiri sejak tahun 2020. Lokasi pemasarannya mencakup wilayah Jabodetabek dengan promosi yang dilakukan melalui media sosial WhatsApp, Instagram dan Shopee. So Cookies membutuhkan inovasi kreatif pada desain kemasannya, hal ini dikarenakan So Cookies belum memiliki desain kemasan yang mumpuni untuk varian barunya. Inovasi ini berupa perancangan desain kemasan yang bisa menunjukkan identitas brand dan menampilkan informasi produk dengan penerapan elemen desain terstruktur. Tahapan proses pengumpulan data pada penelitian ini diawali dengan sesi wawancara bersama klien So Cookies, kemudian mencari bahan penulisan dengan menjadikan studi literatur sebagai acuan penelitian. Metode perancangan desain kemasan dimulai dari tahap brainstorming, mind mapping, mood board, sketsa, digitalisasi, mockup hingga desain final siap cetak. Pada pembuatan mind map didapati beberapa kata kunci yang dikembangkan menjadi konsep visual, diantaranya adalah kekinian, simple, dan feminin. Elemen desain yang digunakan berupa garis, lengkung, bentuk, warna, merek, tipografi dan ilustrasi. Ilustrasi dibuat dengan menerapkan gaya flat design dan penggunaan line art yang menyerupai goresan kuas. Jenis tipografi yang dipakai adalah jenis sans serif dengan font Montserrat. Jenis font ini sederhana sehingga mudah dibaca dan mudah diaplikasikan. Desain kemasan menggunakan warna pastel dari turunan warna coklat dan merah yang menyesuaikan varian rasa produk, hal ini membuat desain kemasan mudah diidentifikasi.

Kata Kunci: Cookies, desain kemasan, elemen desain, perancangan


Full Text:

PDF

References


Satriyono, N. W. (Februari 2017). Mantra Kemasan Juara. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Swasty, W. (2017). Serba-Serbi Warna Dalam Penerapan Desain. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Anggarini, A., Bangun, D,A,N., & Saripudin, I., (2020) Alternatif Model Penyusunan Mood Board Sebagai Metode Berpikir Kreatif Dalam Pengembangan Konsep Visual. Depok: Politeknik Negeri Jakarta. Journal Printing and Packaging Technology Vol.1 Juli 2020. Halaman 2-7.

Erlyana, Y. (2018, September). Analisis Peranan Desain Kemasan Terhadap Brand Identity Dari Sebuah Produk Makanan Lokal Indonesia Dengan Studi Kasus: Produk Oleh-Oleh Khas Betawi ‘Mpo Romlah’. In National Conference of Creative Industry. Halaman 1080-1095.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.