ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PADA PRODUK X MENGGUNAKAN DIAGRAM PARETO DAN METODEROOT CAUSE ANALYSIS (RCA)


Rizky Amelia Putri, Saeful Imam

Abstract


Dalam melakukan aktivitas produksi, perusahaan selalu mengupayakan dapat menghasilkan produk yang berkualitas. Untuk dapat menjaga kualitas maka perusahaan perlu melakukan pengendalian kualitas agar dapat menurunkan defectdan dapat meningkatkan produktifitas pada kegiatan produksi. PT. XYZ merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang kemasan. Dalam proses produksi produk X pada periode Januari 2021 hingga Juni 2022ditemukan sejumlah defectpada pengambilan sampel saat proses produksi sebesar 14% sedangkan PT. XYZ memiliki standar toleransi defectsebesar 8%. Melihat hal ini, maka perlu dilakukan evaluasi dalam melakukan pengendalian kualitas untuk mengurangi defect pada proses produksi produk X. Pada penelitian ini dilakukan analisis menggunakan Diagram Pareto untuk menentukan urutan prioritas perbaikan dan melakukan penerapan metode Root Cause Analysis (RCA) dengan tujuan untuk membuat perencanaan perbaikan. Berdasarkan hasil dari Diagram Pareto menunjukkan bahwa defect tertinggi yang paling sering terjadi adalah warna tidak standar. Faktor yang menjadi penyebab terjadinya defect tersebut dianalisis dengan menggunakan Fishbone. Hasil penelitian berupa rencana perbaikan terhadap faktor penyebab terjadinya defect.

Kata Kunci: Pengendalian kualitas, defect, Diagram Pareto, RCA


Full Text:

PDF

References


E. Suprianto, “PENGENDALIAN KUALITAS PRODUKSI MENGGUNAKAN ALAT BANTU STATISTIK (SEVEN TOOLS) DALAM UPAYA MENEKAN TINGKAT KERUSAKAN PRODUK,” vol. 6, no. 2, p. 9, 2016.

H. B. Harvey and S. T. Sotardi, “The Pareto Principle,” J. Am. Coll. Radiol., vol. 15, no. 6, p. 931, Jun. 2018, doi: 10.1016/j.jacr.2018.02.026.

K. Wibowo, S. Sugiyarto, and S. Setiono, “Analisa dan Evaluasi : Akar Penyebab dan Biaya Sisa Material Konstruksi Proyek Pembangunan Kantor Kelurahan di Kota Solo, Sekolah, dan Pasar Menggunakan Root Cause Analysis (RCA) dan Fault Tree Analysis (FTA),” Matriks Tek. Sipil, vol. 6, no. 2, Jun. 2018, doi: 10.20961/mateksi.v6i2.36572.

H. Dewi, M. Maryam, and D. Sutiyarno, “ANALISA PRODUK CACAT MENGGUNAKAN METODE PETA KENDALI P DAN ROOT CAUSE ANALYSIS,” J. Teknol. Pertan., vol. 7, no. 2, pp. 10–18, Dec. 2018, doi: 10.32520/jtp.v7i2.178.

R. Saputra and D. T. Santoso, “ANALISIS KEGAGALAN PROSES PRODUKSI PLASTIK PADA MESIN CUTTING DI PT. PKF DENGAN PENDEKATAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS DAN DIAGRAM PARETO,” vol. 6, p. 6, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.