FLASHCARD EDUKASI DASAR ISLAM: INOVASI DESAIN VISUAL AGAR BELAJAR LEBIH MENGASYIKAN UNTUK ANAK USIA DINI


Tiara Ashilah Sasqia, Sujendro Hery Nugroho, Rachmah Nanda Kartika

Abstract


ABSTRAK

Pada usia dini yang merupakan masa paling penting dalam perkembangan anak, otak anak menyerap informasi dengan cepat. Diikuti dengan masa anak usia dini yang masih banyak bermain, maka edukasi yang efisien, efektif, dan mengasyikan perlu dikembangkan, khsusnya edukasi dasar Islam yang penting sebagai bimbingan dalam menjalani kehidupan. Menyadari pentingnya pendidikan agama Islam sejak usia dini, sebagai penerbit indie yang bergerak di bidang edukasi kepada anak-anak khususnya edukasi ilmu Islam, Buku Aku Pintar ingin menuangkan materi-materi tentang pendidikan Islam ke dalam bentuk flashcard dengan ilustrasi yang menarik dan sesuai untuk anak-anak usia dini. Pada perancangannya digunakan metode design thinking yang dikembangkan oleh Hasso-Plattner Institute of Design di Stanford Design School. Berfokus pada pengajaran design thinking dibagi menjadi lima tahap, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil penelitian pada perancangan ini antara lain flashcard edukasi dasar Islam untuk anak usia dini yang sesuai, membantu anak memahami materi dengan cepat, serta pada proses belajarnya terasa mengasyikan. Penelitian ini juga memberikan manfaat bagi orang tua/pembimbing anak yang dapat memberi edukasi tentang pendidikan dasar Islam dengan efisien dan mengasyikan bagi anak sehingga edukasi berjalan secara efektif lewat flashcard yang didesain.


Kata Kunci: media flashcard, edukasi dasar Islam, anak usia dini


ABSTRACT

At an early age which is the most important period in a child's development, a child's brain absorbs information quickly. Followed by early childhood who still playing a lot, then efficient, effective, and fun education needs to be developed, especially Islamic basic education which is important as guidance in living life. Recognizing the importance of Islamic religious education from an early age, as an indie publisher engaged in education for children, especially Islamic education, Buku Aku Pintar wants to put materials about Islamic education into flashcard form with attractive illustrations and suitable for children. In its manufacture, design thinking methods developed by the Hasso-Plattner Institute of Design at Stanford Design School are used. Focuses on teaching design thinking are divided into five stages, namely empathize, define, ideate, prototype, and test. The results of the research on this design include flashcards for basic Islamic education for early childhood that are appropriate, help children understand the material quickly, and the learning process feels fun. This research also provides benefits for parents/child counselors who can provide education about Islamic basic education efficiently and fun for children so that education runs effectively through designed flashcards.


Keywords: flashcard media, basic Islamic education, early childhood


Full Text:

PDF

References


Uce, L. 2017. Masa Efektif Merancang Kualitas Anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2).

Sugiantiningsih, I. A., & Antara, P. A. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3).

Yani Nurdiani. 2017. Penerapan Prinsip Bermain Sambil Belajar Dalam Mengembangkan Multiple Inteligencia Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Empowerment, Volume 2, Nomor 2. ISSN No. 2252-4738.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.