Perancangan Kemasan Primer Four Z Bakery dengan Konsep Modern dan Minimalis


Fajar Purnomo, Dina Martin, Heribertus Rudi Kusumantoro

Abstract


Usaha, mikro, kecil, dan menengah memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong perekonomian Indonesia. Hingga saat ini cukup banyak bermunculan usaha di berbagai daerah, salah satunya adalah UMKM yang bergerak dibidang kuliner. Dalam sebuah usaha, aspek pemasaran yang harus diperhatikan adalah desain kemasan sebagai wadah dan salah satu media promosi. Namun masih banyak pelaku bisnis yang kurang memperhatikan fungsi kemasan salah satunya usaha kue Four Z Bakery, Four Z Bakery ini merupakan UMKM rumahan yang memproduksi camilan mini kue croissant. Four Z Bakery melakukan pengemasan produknya dengan menggunakan kemasan paper lunch berbahan craft dengan gramatur 290gsm. Material kemasan tersebut tidak cukup tebal sehingga dapat mengakibatkan kerusakan saat pendistribusian serta mudahnya produk di dalamnya terguncang karena ukuran kemasan yang tidak sesuai dengan ukuran produknya. Tujuan penelitian ini adalah merancang serta menjelaskan proses perancangan kemasan primer croissant Four Z Bakery yang baik dan kokoh dengan mempertimbangkan struktur serta material kemasan sehingga kemasan primer nantinya mampu menjadi pelindung produk yang maksimal sekaligus memaparkan teori yang digunakan dalam proses perancangan desain kemasan primer. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, survey serta studi literature. Diharapkan penelitian ini dapat memperbaiki kemasan primer Four Z bakery dan meningkatkan penjualan.

Kata kunci: Kemasan, Croissant, Outline, Modern dan Minimalis


Full Text:

PDF

References


D. H. Jayani, “UMKM INDONESIA BERTAMBAH 1,98% PADA 2019 JUMLAH USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) INDONESIA,” Dec. 08, 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/12/umkm-indonesia-bertambah-198-pada-2019

R. Pangesti, “PENGERTIAN KEMASAN PRIMER, SEKUNDER, DAN TERSIER SERTA CONTOHNYA,” Jan. 04, 2022. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5882839/pengertian-kemasan-primer-sekunder-dan-tersier-serta-contohnya

A. Widiati, “PERANAN KEMASAN (PACKAGING) DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI ‘MAS PACK’ TERMINAL KEMASAN PONTIANAK,” JAAKFE UNTAN J. Audit Dan Akunt. Fak. Ekon. Univ. Tanjungpura, vol. 8, no. 2, 2019, doi: 10.26418/jaakfe.v8i2.40670.

I. B. Suryaningrat, N. S. Mahardika, and M. E. Firlanarosa, “DESAIN KEMASAN SEKUNDER PADA PRODUK PROL TAPE DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (Studi Kasus di UD. Purnama Jati, Kabupaten Jember),” J. AGROTEKNOLOGI, vol. 15, no. 01, p. 11, Jun. 2021, doi: 10.19184/j-agt.v15i01.20624.

S. Desintha, I. K. Ayu, and H. Octamediana, “UNSUR VISUAL KEMASAN GRANOLA CREATIONS,” VISUALITA, vol. 8, no. 2, pp. 89–95, Feb. 2020, doi: 10.33375/vslt.v8i2.2769.

F. A. Wiguna, “PERANCANGAN KEMASAN DAN PROMOSI LAPIS BENENG TANGERANG,” p. 11, 2019.

F. Ramadhan, “PROSES AWAL PERANCANGAN DESAIN,” Mei 2020. https://bpptik.kominfo.go.id/2020/05/22/7840/proses-awal-perancangan-desain/ (accessed May 13, 2022).

G. Ramdani, Desain Grafis. IPB Press, 2019.

S. A. Nur, F. Sadika, and A. F. Setiawan, “PERANCANGAN KEMASAN (PACKAGING) PRODUK TOPI DI PERUSAHAAN GEOFFMAX,” p. 12, 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.