Perancangan Bundling Kemasan Sekunder Kosmetik Marcks Venus


Putri Indah Pratiwi, Rachmadita Dwi Pramesti, M Yana Hardiman

Abstract


Kosmetik Marcks Venus merupakan kosmetik kesehatan dalam menjaga kulit wajah dan mempercantik tampilan wanita. kosmetik menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan bagi seorang wanita untuk menyempurnakan penampilan mereka. Kosmetik Marcks Venus hanya menyediakan kemasan sekunder polosan dengan penambahan label pada sisi tengahnya dan diberikan kepada orang-orang tertentu dan tidak memiliki kemasan yang fungsional yang dapat menarik perhatian konsumen terhadap kosmetik ini. konsep yang akan dimunculkan pada kemasan bundling ini menggunakan konsep elegan, modern dan unik pada kemasan yang menggabungkan dua kemasan menjadi satu kemasan. Metode yang digunakan menggunakan metode The Packaging Process, Steven Dupuis dan John Silva terdiri menjadi 5 yaitu: Discovery, Creation, Refinement, Implementation, Production dan metode riset berupa wawancara, kuesioner dan observasi. Hasil perancangan bundling kemasan ini merupakan penggabungan dari konsep visual, font, warna dan komposisi. 

Kata kunci: Desain, Kemasan Sekunder, Kosmetik, Marcks Venus


 

Kata kunci : Kemasan, kosmetik, bundling


Full Text:

PDF

References


D. S. &. H. M. Cynthia, "Perancangan Kemasan Sebagai Media Promosi Borondong Majalaya," Karya Tulis Eksperimental dan Inovatif, vol. 01. No. 01, no. ISSN: 2714-9978, 2019.

K. Taat., "Pengaruh Promosi Online dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Sariayu Martha Tilaar," Perspektif, Vols. XV, No 2., no. ISSN: 2550-1178, 2017.

M. A. Rizaty, "Industri Kosmetik Tumbuh 5,59 Persen, Ini Merek Perawatan Tubuh Terlaris pada Agustus 2021," 05 10 2021. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/05/industri-kosmetik-tumbuh559-persen-ini-merek-perawatan-tubuh-terlaris-pada-agustus-2021.

E. R. Yana, "Perancangan Buku Desain Kemasan Basic of Packaging," Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, vol. 06. No. 02, 2020.

S. C. d. M. H. Devi, "Perancangan Kemasan Sebagai Media Promosi Borondong Majalaya," Jurnal Karya Tulis, Rupa, Eksperimental dan Inovatif, vol. 01. No 01, no. E-ISSSN: 2714-9978, 2019.

A. A. Said, Desain Kemasan, Makassar: Badan Penerbit UNM Makassar, 2016.

A. D. Nugraha, "Perancangan Merek dan Kemasan Gelamai Mak Leni

Payakumbuh," 2017.

C. d. V. H. P. Rio, "Perancangan Desain Kemasan Makanan Khas China Town Kota," 2021.

D. S. Kartika, Seni Rupa Modern, Bandung: Rekayasa Sains, 2017.

D. Amin, "Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Warna dengan Metode Menggambar," 2017.

R. Guruh, Desain Grafis, Bogor: PT. IPB Press, 2019.

A. Anggi, Layout Desain Publikasi, Depok: PNJ Press, 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.