Perancangan Logo Toekang Nasi


Maulidina Rochesteria Andi, Ade Noor Riyadhi, Zainal Arifin

Abstract


CV. Century Utama Lestari merupakan usaha yang bergerak dibidang jasaboga atau kuliner, usaha ini merupakan salah satu usaha yang terkena dampak dari pandemi Covid-19. Toekang Nasi merupakan hasil diversifikasi usaha milik CV. Century Utama Lestari sebagai upaya untuk mengatasi penurunan pendapatan sebagai salah satu dampak yang dihadapi oleh usaha tersebut. Namun saat ini brand Toekang Nasi belum memiliki identitas visual sama kali sebagai sebuah tanda pengenal yang dapat diaplikasikan ke dalam media kemasan maupun promosi. Hal ini membuat Toekang nasi sulit dikenali dan dibedakan baik dengan produk CV.Century Utama Lestari maupun dari kompetitor lainnya. Sehingga diperlukan perancangan  logo agar brand ini dapat denga mudah dikenal, diingat dan dibedakan baik dengan CV.Century Utama Lestari maupun kompetitor lainya.

Kata kunci: Logo, Desain Grafis, UMKM.


Full Text:

PDF

References


Sulaeman, “77,95 Persen UMKM Terdampak Pandemi, Terbanyak

Pendapatan Menurun,” 2022, https://www.merdeka.com/uang/7795-persenumkm-terdampak-pandemi-terbanyak-pendapatan-menurun.html.

F. A. Faizal and A. M. Ibrahim, “PERANCANGAN ULANG IDENTITAS

VISUAL RUMAH MAKAN PADANG SABANA KAPAU DI KOTA

BANDUNG,” vol. 03, no. 01, p. 5, 2021.

J. Levanier, “Visual Identity: Everything You Need to Know About the

Essential Aspect of Branding,” 2020, https://99designs.com/blog/logobranding/visualidentity/#:~:text=The%20purpose%20of%20visual%20identity,a%20business%2

through%20consistent%20visuals.

S. Rustan, Mendesain Logo. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2013.

N. Ulita, “Tinjauan Warna Pada Visual Branding Warung Kopi Lokal,” J.

Dimensi DKV Seni Rupa Dan Desain, vol. 4, no. 2, pp. 205–223, Oct. 2019, doi: 10.25105/jdd.v4i2.5895.

C. N. de Riandra and M. A. Islam, “Perancangan Identitas Visual Catering & Bakery Cherry,” Jurnal Barik, vol. 2, no. 2, p. 14, 2021.

Sapitri Januariyansah, “Analisis Desain Logo Berdasarkan Teori: Efektif dan Efisien,” 2017, doi: 10.13140/RG.2.2.20543.97448.

A. Oscario, “Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand,” Humaniora, vol. 4, no. 1, p. 191, Apr. 2013, doi: 10.21512/humaniora.v4i1.3429.

C. Anam, A. Nur Rochman, A. Fauzi, A. Nindyapuspa, and S. Khadafi,

“Perancangan Desain Logo „R3-Viora‟ sebagai Identitas Baru UKM Viora

Collection, Tanggulangin, Sidoarjo,” JAST J. Apl. Sains Dan Teknol., vol. 3,

no. 1, p. 50, Jun. 2019, doi: 10.33366/jast.v3i1.1287.

A. A. Said, “Mendesain Logo,” Program Studi Desain Komun. Fak. Seni Dan Desain Univ. Negeri Makassar, vol. 6, 2019, doi: 10.26858/tanra.v6i3.13014.

G. Prasetyo and B. Muhdaliha, “Perancangan Identitas Visual (Logo)

Untuk Mengangkat Nilai Brand CV Chirapool” PANTAREI, vol.3, no.2, 2019, https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/371.

L. Anggarini S. and N. Kirana, Desain Komunikasi Visual; Dasar-dasar Panduan untuk Pemula. Bandung: NUANSA CENDIKIA, 2014.

M. A. Hanindharputri, “Elemen Visual Sebagai Pembentuk Kekuatan

Logo,” SENADA, p. 6, 2018.

M. L. Lazuardi and I. Sukoco, “Design Thinking David Kelley & Tim

Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek,” Organum J. Saintifik

Manaj. Dan Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 1–11, Jun. 2019, doi:

35138/organum.v2i1.51.

A. Hendrawan, B. R. Noviadji, and Y. K. Wijaya, “Desain Souvenir

Bergaya Lowpoly „BWS Coy‟ Untuk Mengenalkan Objek Wisata di Kab.

Bondowoso Melalui Metode Design Thinking,” Artika, vol. 2, no. 1, pp. 62–

, Apr. 2018, doi: 10.34148/artika.v2i1.77.

K. F. Hidayati, “Desain Grafis Minimalis: Apa Itu, Prinsip, dan Tips

Menerapkannya”, 2022, https://glints.com/id/lowongan/gaya-desain-grafisminimalis/

Nita, “Pahami Berbagai Prinsip Dalam Desain Minimalis,” 2018,

https://idseducation.com/pahami-berbagai-prinsip-dalam-desain-minimalis/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.