Perancangan Sleeve Kemasan Bento Kamar Kebuli


Abi Sadewa Nurhakim, Nanang Wahyudi, Rachmah Nanda Kartika

Abstract


Kamar Kebuli merupakan UMKM kuliner nasi kebuli dan nasi mandhi yang berdiri sejak Mei 2020 yang berlokasi di Wisma Asri, kec. Bekasi Utara, kota Bekasi, Jawa Barat. Dengan tagline “Kebulinya Indonesia”, Kamar Kebuli mencoba memperkenalkan nasi kebuli & nasi mandi yang cita rasanya sudah diadaptasi ke dalam kultur masyarakat Indonesia. Kamar Kebuli dikenal dengan cita rasa rempah yang kuat, nasi basmati khas Timur Tengah, sambal spesial, dan daging kambing yang empuk. Kedepannya Kamar Kebuli ingin memperluas pasar ke wilayah Jabodetabek, dengan membuka cabang dapur bayangan/ghost kitchen di wilayah Jabodetabek. Perluasan pasar beriringan pula dengan perluasan kompetitor. Dibalik keunggulannya, terdapat beberapa kekurangan dalam segi desain kemasan yang belum mempresentasikan citra merek dan kualitas produknya serta belum menunjukkan identitas visual merek Kamar Kebuli. Karena itu Kamar Kebuli membutuhkan desain kemasan yang dapat merepresentasikan brand Kamar Kebuli. Tujuan penelitian ini yaitu merancang kemasan Kamar Kebuli yang dapat melindungi, mewadahi, dan mempromosikan produk. Perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara dengan pemilik usaha, observasi terhadap produk kompetitor, menyebarkan survei serta studi literatur. Dengan metode perancangan proses desain kemasan menurut Steven Du Puis John Silva, dimulai dari tahap penggalian informasi sampai tahap konseptual. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah perancangan sleeve kemasan bento Kamar Kebuli dengan konsep visual khas Timur Tengah, modern, berkualitas, dan bercita rasa lokal. Dengan struktur sleeve kemasan diagonal yang ditujukan untuk mengunci kemasan plastik tray selama pengiriman produk. Dengan dibuatnya kemasan tersebut, diharapkan Kamar Kebuli mampu lebih dikenal konsumen dan mampu bersaing dengan pasar kuliner nasi kebuli di Jabodetabek.

Kata kunci: Desain Kemasan, UMKM, Nasi Kebuli, Kamar Kebuli, Kuliner.


Full Text:

PDF

References


“Usaha Ghost Kitchen Makin Populer, Diprediksi Sentuh Rp 2.000 Triliun.”

[Online]. Available: https://www.kompas.com/properti/read/2021/09/15/170000921/usaha-ghostkitchen-makin-populer-diprediksi-sentuh-rp-2.000-triliun?page=all

S. Rustan, Logo 2021. Jakarta: Nulisbuku, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.