Perancangan X-Banner Internal Campaign “Manajemen Resiko, Melekat & Bersahabat” di Lingkungan PLN Enjiniring


khaira safira, dwi Agnes Natalia, Djony Herfan

Abstract


Tujuan dan juga strategi tentunya dimiliki oleh setiap perusahaan. Namun, hampir seluruh individu akan memiliki risiko terjadinya kerugian dalam suatu bisnis. Risiko ini dapat menyebabkan munculnya variabel yang menghambat tercapainya tujuan perusahaan. Untuk itu, kampanye internal dilakukan oleh PT PLN Enjiniring sebagai salah satu strategi komunikasi untuk mengurangi risiko dengan cara mengedukasi dan menerapkan komitmen kepada setiap pegawai terkait manajemen risiko terintegrasi. Kampanye yang berjudul “Manajemen Risiko Melekat & Bersahabat” ini menggunakan media komunikasi berupa standing banner yang memerlukan perancangan. Oleh karena itu, penelitian mengenai perancangan media komunikasi kampanye perlu dilakukan. Penelitian ini merupakan suatu penelitian kualitatif dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, kuesioner, dan studi literatur. Metode riset design thinking oleh Gavin Ambrose diaplikasikan dalam penelitian ini, yang terdiri dari define, research, ideate, prototype, select, implement, dan learn.. Selain itu, terdapat media turunan berupa poster digital juga perancangan template identitas visual perusahaan yang akan diterapkan pada standing banner. Beberapa aspek dari desain grafis digunakan pada perancangan ini, yaitu layout, ilustrasi, tipografi, dan warna.

Kata kunci: Kampanye Internal Perusahaan, Design Thinking, Desain Banner


Full Text:

PDF

References


PT Prima Layanan Nasional Enjiniring, Pedoman Umum Manajemen

Resiko Terintegrasi. 2021. Accessed: Jun. 23, 2022. [Online]. Available:

https://www.plne.co.id/page/pedoman-manajemen-resiko

E. Antika and A. P. P. W. Tunggali, “Strategi Komunikasi Kampanye

Adopt Don‟t Buy Komunitas Adopsi di Kota Yogyakarta,” Jurnal

Audiens, vol. 2, no. 1, Mar. 2021, doi: 10.18196/jas.v2i1.9974.

N. A. Ardani, “Perancangan Desain Komunikasi Visual Dalam Bentuk

Kampanye Instagram „Apresiasi Kerja Desainer,‟” vol. 2, no. 1, pp. 203–

, 2018, [Online]. Available: http://jurnalaksa.stsrdvisi.ac.id

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat, PANDUAN BERKOMUNIKASI MELALUI MEDIA MASSA: Kelompok Kerja Pengendali PNPM Mandiri. 2018.

Angga Hendrawan, Berdesain: Teori dan Praktik Desain. Bangkok:

Booksmango Inc., 2020.

S. Sos. ,M. S. SRI WAHYUNINGSIH, DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.

Madura: UTM PRESS, 2015.

Namuri Migotuwio, Desain Grafis Kemarin, Kini, dan Nanti (Namuri

Migotuwio) (z-lib.org). Pati: Alinea Media Dipantara, 2020.

Timothy. Samara, Design elements : a graphic style manual : understanding the rules and knowing when to break them. Rockport Publishers, 2007.

M. Hasyid Dahren Dzul Absor, T. Cahyo Kusumandyoko, U. Negeri Surabaya, and F. Bahasa Dan Seni, “PERANCANGAN FOTO PRODUK WEDDING GIFT TIFA PARCEL UNTUK IKLAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM,” Jurnal Barik, vol. 2, no. 2, pp. 215–227, 2021, [Online]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.