Perancangan Kemasan Sekunder Khusus Promosi Skincare Quickglam


Fadiyah Saba Arianto, Nanang Wahyudi, Djony Herfan

Abstract


Edorsement dalam bisnis kecantikan masih menjadi strategi promosi yang banyak dilakukan merek-merek lokal maupun luar Indonesia. Umumnya kegiatan endorsement dilakukan para endorser melalui sosial media dengan mereview atau unboxing produk serta beragam cara mendokumentasikannya seperti foto atau video. Strategi promosi ini juga dilakukan PT Quicktest Laboratorium yang saat ini meluncurkan merek kecantikan baru bernama Quickglam dengan produk pertama rangkaian skin care. Namun kegiatan endorse mengharuskan produknya tetap utuh dan dalam kondisi baik, sedangkan kemasan utama atau primer produk saat ini berupa botol kaca saja. Maka dari itu dibutuhkan kemasan sekunder khusus promosi yang melindungi produk dengan baik. Metode penelitian yang digunakan pada penelitianini adalah metode kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, survei dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan struktur kemasan sekunder yang sesuai dengan kebutuhan produk skincare Quickglam yaitu set up box dengan ukuran 263mm x 210mm x 45mm.

 

Kata kunci: Endorse, Skincare, Desain Kemasan


Full Text:

PDF

References


Idris, Muhammad. 2021. Apa itu Endorse dalam Strategi Pemasaran.

Kompas.com. diakses pada tanggal 8 April 2022, dari

https://money.kompas.com/read/2021/07/24/140628426/apa-itu-endorse-dalamstrategi-pemasaran?page=all

Cara Mempromosikan Rilis Produk Baru yang Akan Menghasilkan Penjualan Awal. (n.d.). diakses pada 6 Juni, 2022 dari https://www.affde.com/id/promotenew-product-releases.html.

Julianti, S. 2017. Mastering Packaging for E-Commerce: Strategi dan Teknik Mengemas Produk Secara Aman dan Mengesankan. Gramedia Pustaka Utama.

Wahyudi, N. & Sony, S. 2017. Mantra Kemasan Juara Bukan Sekedar

Bungkus-Bungkus, Elex Media Komputindo.

Sinaga, F. B., dkk 2012. Pemilihan Kemasan Sekunder Cabai Blok Dengan Metode Ahp, Tingkat Kesukaan Konsumen Dan Nilai Tambah. Jurnal Agroindustri September 2012, Vol. 2. No. 2.

Karton PaperBoard / HardBoard Tebal Berkualitas. (n.d.). Juni, 2022

http://blog.ikajaya.com/p/karton-paperboard-hardboard-tebal.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.