Perancangan Sign System sebagai Penunjuk Arah pada Rusun Cakung Barat (3 Tower)


Alda Viananda Sabila, Dwi Agnes Natalia Bangun, Ade Haryani

Abstract


Rumah Susun Cakung Barat (3 tower) merupakan Rumah susun yang memiliki luas mencapai 9 hektare dan memiliki 16 lantai dengan banyak unit dan fasilitas. Rumah susun ini akan segera selesai dan dapat dihuni,  maka perlu adanya perencanaan sign system yang baik agar dapat membantu penghuni dan pengunjung dalam menemukan arah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi literatur. Hasil dari perancangan ini berupa rancangan sign system yang dapat menunjukkan arah yang terdiri dari orientation sign, directional sign dan identification sign. Sign system dirancang dengan  tone and manner modern minimalis dan sentuhan budaya betawi (gigi balang).

Kata kunci: Desain Grafis, Sign System, Rumah Susun


Full Text:

PDF

References


C. Calori dan D. Vanden-Eynden, Signage and Wayfinding Design, 02 ed. Canada: John Wiley & Sons, Inc., Hookben, New Jersey, 2015.

R. Minggra, “Kajian Penanda Identitas Sebagai Grafis Pada Ruang Luar Dan Bagian Dari Wayfinding System Kawasan,” J. Arsit. ZONASI, vol. 3, no. 1, Art. no. 1, Mar 2020, doi: 10.17509/jaz.v3i1.19588.

D. A. N. Bangun, Desain Piktogram : Icon Dan Sign System, 01 ed. Depok: PNJ Press, 2019.

“RPJMD DKI Jakarta 2017-2022,” https://bpbd.jakarta.go.id.

https://bpbd.jakarta.go.id/perpustakaan/29/rpjmd-dki-jakarta-2017-2022 (diakses 12 April 2022)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.