Desain Brosur Kawasan Agroeduwisata Waru Farm Land


Hasna Zukhruf Nurfadhilah, Yulianto Hadiprawiro, Saeful Imam

Abstract


Waru Farm Land merupakan kawasan Agroeduwisata yang terintegrasi perumahan dengan mengusung konsep islami dan alami serta tema learning from nature. Spot area dan fasilitas yang disediakan oleh Waru Farm Land cukup lengkap untuk dapat dinikmati oleh pengunjung, namun tidak didukung oleh adanya media promosi dan informasi berupa brosur kawasan sebagai panduan untuk membantu pengunjung dalam mengakses dan mengetahui informasi terkait spot area yang ada. Dengan begitu, tujuan penelitian ini ialah merancang brosur dengan spesifikasi travel guide yang memiliki konsep desain dengan penggambaran ciri khas kawasan dengan baik. Tujuan tersebut berangkat dari adanya keluhan pengunjung yang merasa sulit dalam mengakses serta mengetahui informasi seputar kawasan. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara, observasi dan studi literatur. Setelah data terkumpul, kemudian data-data tersebut diolah melalui proses brainstorming sehingga mendapatkan kata kunci untuk mencari referensi pada moodboard sebagai acuan pembuatan sketsa dan desain komprehensif. Hasil dari penelitian ini yaitu konsep desain bertema fun yang didominasi dengan warna orange, dan alami yang direpresentasikan dengan objek daun. Pada brosur juga dilengkapi dengan site map kawasan. Diharapkan desain brosur ini dapat memudahkan pengunjung dalam mengakses dan mendapatkan informasi pada Kawasan Agroeduwisata Waru Farm Land.

Full Text:

PDF

References


H. Kusumo, “Pemanfaatan Brosur Sebagai Media Promosi Untuk

Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Pada Duta Islamic School (DIS)

Semarang,” J. Nusant. Apl. Manaj. BISNIS, vol. 3, no. 1, Art. no. 1, Apr. 2018, doi: 10.29407/nusamba.v3i1.11916.

T. K. Estherlita, “Perancangan Brosur Sebagai Media Promosi NIN3 Space Berbasis Vektor,” 2015.

R. Hudriani, H. Ariwan, S.Sn, M. S. D. Ariusmedi, and M.Sn, “Perancangan Katalog Panduan Wisata Seribu Rumah Gadang Di Kabupaten Solok Selatan,” DEKAVE J. Desain Komun. Vis., vol. 8, no. 3, Art. no. 3, Feb. 2019, Accessed: Jul. 21, 2022. [Online]. Available:

http://ejournal.unp.ac.id/index.php/dkv/article/view/103686

PROSIDING SEMINAR NASIONAL TETAMEKRAF Vol.1/No.1 Th. 2022

B. A. Hananto, “Tahapan Desain Sistem Tanda Interior Mini Mart (Studi Kasus: Wayfinding & Placemaking Signage Fmx Mart),” J. Dimensi DKV Seni Rupa Dan Desain, vol. 2, no. 2, pp. 135–150, Oct. 2017, doi: 10.25105/jdd.v2i2.2185.

D. D. W. S. Soewardikoen, Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual. 2019.

A. Mayang and S. Ratnawati, “Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100),” J. ILMU Manaj., vol. 17, no. 2, Art. no. 2, Oct. 2020, doi: 10.21831/jim.v17i2.34175.

P. Evans and A. Sherin, The Graphic Design Reference Specification Book Everything Graphic Designers Need to Know Every Day by Aaris Sherin, Irina Lee, Poppy Evans. 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.