Desain Ilustrasi Flashcard Sejarah "Peristiwa Penting Sekitar Proklamasi" untuk Siswa Kelas VI SD Barunawati II Jakarta


Rina Febriani, Ade Noor Riyadhi, Rina Ningtyas

Abstract


Dewasa ini banyak siswa yang tidak tertarik akan materi sejarah Indonesia karena materinya yang padat dan media pembelajaran yang tidak menarik. Sehingga mengakibatkan siswa sulit memahamai materi. Untuk mengatasi hal itudiperlukan media pembelajaran yang dapat mempermudah dan meningkatkan minat siswa dalam mempelajari sejarah. Flashcard adalah sebuah media pembelajaran yang berisi perpaduan antara kata serta gambar yang memiliki dua sisi, dengan gambar di satu sisi dan informasi tentang gambar di sisi lain. Hal ini dapat berbentuk nama, huruf, kosa kata, konsep, atau prosedur. Media ini dapat menarik perhatian sehingga memunculkan rasa ingin tahu akan informasi yang akan tersampaikan. Kemampuan media ini dianggap baik, sebab dapat membantu anak dalam meningkatkan proses pembelajaran. Metode penelitian yang dipakai yaitu menanyakan beberapa pertanyaan kepada siswa dan pengajar di kelas VI SD Barunawati II. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah metode kualitatif melalui wawancara dan observasi, yang kemudian dilanjutkan dengan analisis data untuk menentukan strategi desain dan visual yang akan digunakan di dalam perancangan flashcard yang imajinatif untuk siswa. Hasilnya adalah desain untuk flashcard “Peristiwa Penting Sekitar Proklamasi” yang sesuai dengan kebutuhan.


Full Text:

PDF

References


Nurhayati, Nurhayati (2018) Pemilihan Media Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 14.

Tursunmurotovich, S. S. (2020). Illustration and the Influence of Illustrator on Children’s Understanding of Fairy Tales and Works of Art in Books. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(5), 3526–3533.

Nurhasanah, E. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Flashcard Huruf Hijaiyah terhadap Hasil Belajar Iqro pada Santri The Gold Generation. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1(2), 60–68. https://doi.org/10.54371/jiepp.v1i2.106

Susilana, Rudi & Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran, Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.