Perencanaan dan Pengembangan Kemasan Produk UMKM Kebab Gilss Menggunakan Metode Kansei Engineering


Ivonella Herinra Naftasha, Novi Purnama Sari, Muryeti Muryeti

Abstract


UMKM terdampak secara serius akibat terjadinya pandemi COVID-19 di Indonesia. Salah satunya UMKM Kebab Gilss yang menjual makanan ringan kebab. Penjualan UMKM Kebab Gilss kian menurun dikarenakan banyaknya kompetitor yang menjual produk serupa. Maka dari itu UMKM harus mampu bertahan dengan memiliki daya saing yang kuat, salah satunya dengan cara pengembangan kemasan. Kemasan Kebab Gilss saat ini sangat sederhana yaitu menggunakan paperwrapdengan beberapa masalah krusial pada kemasannya. Sehingga peneliti akan melakukan studi lebih lanjut untuk dilakukan pengembangan terhadap kemasan Kebab Gilss yang sesuai dengan preferensi konsumen agar meningkatkan daya beli konsumen. Pengembangan kemasan yang sesuai dengan preferensi konsumen dilakukan dengan metode Kansei Engineering.Proses penentuan konsep dibantu dengan metode K-Means Cluster dan menganalisis elemen desain kemasan dibantu dengan metode QTT-1. Hasil penelitian dengan metode K-Means Cluster mendapatkan 2 konsep yaitu ‘’natural’’ dan ‘’praktis’’. Hasil analisis QTT-1 memperoleh elemen desain kemasan terbaik yaitu Karton Ivory (X1.3), Tube (X2.3), Perforasi (X3.2), Modern (X4.4), Font Dekoratif (X5.4), Warna Solid (X6.1), Ilustrasi (X7.2).  Pembuatan desain kemasan UMKM Kebab Gilss yang sesuai dengan preferensi konsumen diimplementasikan dalam bentuk mock up sesuai dengan hasil pengolahan kedua metode.

Full Text:

PDF

References


​A. Widiati, “Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di ‘Mas Pack’ Terminal Kemasan Pontianak,” Jurnal ini berisikan Penelitian Akuntansi dan Audit yang terkait secara Langsung maupun tidak langsung, vol. 8, no. 2, Apr. 2020, doi: 10.26418/jaakfe.v8i2.40670.

​D. D. Orshella, “Penerapan Kansei Engineering Pada Perancangan Ulang Desain Kemasan Produk Umkm,” vol. 1, p. 8, 2019.

​D. Faisal, L. D. Fathimahhayati, and F. D. Sitania, “Penerapan Metode Kansei Engineering Sebagai Upaya Perancangan ulang Kemasan Takoyaki (Studi Kasus: Takoyakiku Samarinda),” vol. 18, p. 18, 2021.

​Ó. López, C. Murillo, and A. González, “Systematic Literature Reviews in Kansei Engineering for Product Design—A Comparative Study from 1995 to 2020,” Sensors, vol. 21, no. 19, p. 6532, Sep. 2021, doi: 10.3390/s21196532.

​L. D. Fathimahhayati, C. I. Halim, D. Widada, and J. S. No, “Perancangan Kemasan Kerupuk Ikan Dengan Menggunakan Metode Kansei Engineering,” vol. 7, no. 2, p. 14, 2019.

​S. Azhara and N. P. Sari, “Penerapan Metode Kansei Engineering Dalam Pengembangan Kemasan Kue Kacang (Studi Kasus : Kue Kacang Bintang Prima),” p. 9, 2021.

​D. A. H. Donida, H. Prastawa, and M. Mahacandra, “Perancangan Desain Kemasan Produk Carica Dengan Konsep Kansei Engineering Dan Model Kano,” p. 13, 2019.

​N. Fatchurrohman, M. Yetrina, R. Muhida, and A. Hidayat, “Product Development using Kansei Engineering to Re-design New Food Packaging,” jitekin, Jun. 2022, doi: 10.35134/jitekin.v12i1.60.

​M. Nagamachi and A. M. Lokman, “Innovations of Kansei Engineering,” p. 25, 2011.

D. N. P. Sari and Y. Sukestiyarno, “Analisis Cluster dengan Metode K-Means pada Persebaran Kasus COVID-19 Berdasarkan Provinsi di Indonesia,” Prisma, vol. 4, p. 9, 2021.

H. H. Hidayat and N. Wijayanti, “Product Development Model for Tempe Chocolate Chips Based on Costumer Preferences in Banjarnegara, Central Java, Indonesia,” p. 8, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.