Perancangan Buku Edukasi Bergambar “Paham Imunisasi Cerdas Mendampingi” untuk Meningkatkan Pengetahuan Orang Tua Mengenai Pentingnya Imunisasi Pada Anak


Nabila Zahira Putri, Anggi Anggarini, Djony Herfan

Abstract


BumiNala merupakan penerbit dibawah CV. Zam Zam Indonesia serta sudah terdaftar sebagai anggota penerbitan di bawah Perpustakan Indonesia. Beberapa produk yang dihasilkan berupa buku di bidang kesehatan dan ditujukan kepada orangtua untuk kesehatan anak. Pada kenyataannya, target cakupan imunisasi dasar lengkap pada anak-anak Indonesia masih belum tercapai dari yang ditargetkan dinas kesehatan. Penerbit BumiNala menerbitkan sebuah naskah buku edukasi. BumiNala membutuhkan untuk perancangan desain buku yang informatif dan komunikatif agar dapat membantu memberikan edukasi dan informasi kepada orang tua tentang imunisasi pada anak. Dalam menentukan konsep visual menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, survei dan studi literatur. Perancangan ini menggunakan metode design thinking. Hasil perancangan yang didapat berupa buku edukasi bergambar yang terdiri dari penggambaran karakter dan aksesoris desain tambahan dengan menggunakan ilustrasi flat design, warna pastel dan tipografi yang menjadi solusi dalam permasalahan rancangan buku.

Full Text:

PDF

References


P. Utami and A. Mubarak, “MODEL PENGASUHAN ANAK TERKAIT PENGGUNAAN INTERNET DI ASIA PARENTING MODEL OF CHILD RELATED TO INTERNET USAGE IN ASIA,” Pros. Nas. Psikol., vol. 2, no. 0, Art. no. 0, Aug. 2018, Accessed: Jun. 14, 2022. [Online]. Available: https://proceeding.unisba.ac.id/index.php/PronaP/article/view/1493

“Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap Baru 58,4%, Kemenkes Dorong Pemda Kejar Target – Sehat Negeriku.” https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20211130/3038902/cakupan-imunisasi-dasar-lengkap-baru-584-kemenkes-dorong-pemda-kejar-target/ (accessed Jul. 21, 2022).

M. Hidayah and S. Sopiyandi, “EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA EDUKASI BUKU SAKU DAN LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN KEPATUHAN DIET PASIEN RAWAT JALAN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS,” Pontianak Nutr. J. PNJ, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Feb. 2019, doi: 10.30602/pnj.v1i2.290.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.