Perancangan Media Komunikasi Visual Sign System Pada Kawasan dan Gedung Creative Center Kota Bekasi


Melin Ambarwati, Dwi Agnes Natalia Bangun, Muchliyanto Muchliyanto

Abstract


Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi melakukan upaya untuk mengembangkan ekonomi kreatif dengan membangun sebuah wadah kreatifitas dengan fasilitas yang beragam yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Bekasi untuk mengembangkan bakat dan kreatifitas masyarakat Kota Bekasi terkait 17 sub-sektor ekonomi kreatif. Sebagai public space dengan berbagai fasililtas dibutuhkan sign system untuk membantu audiens untuk menemukan lokasi yang dituju, namun saat ini Creative Center Kota Bekasi belum memiliki sign system yang komprehensif, belu memiliki keseragaman dalam desain, fasilitas yang tersedia belum semua memiliki penanda nama fasilitas, dan material yang digunakan mudah rusak karena hanya berbahan kertas. Oleh karena itu dibutuhkan perancangan sign system yang informatif, komunikatif, dan efektif serta ikonik. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan hasil informasi deskriptif menggunakan berbagai pengumpulan data seperti wawancara, observasi, studi literatur, serta kuesioner sebagai pengumpulan data pendukung. Konsep perancangan yang digunakan yaitu menerapkan unsur budaya betawi ke dalam desain yang simple dan modern. Hasil perancangan berupa beberapa jenis sign seperti directional sign, identification sign, orientation sign, dan regulatory sign dan diterapkan pada titik-titik lokasi yang dibutuhkan pada Creative Center Kota Bekasi. Diharapkan perancangan sign system ini dapat membuat pengunjung mudah untuk mendapatkan informasi mengenai lokasi dan informasi lain seputar Creative Center Kota Bekasi.


Full Text:

PDF

References


A. Siregar, S. Mo, Hamludin, and F. Nugroho, Bekasi Dreams “Dokumentasi Mimpi untuk Bekasi”. PT. Kreasi Kata Persada, 2020.

‘Baru! Gedung Bekasi Creative Center, Wadah Bagi Kreatifitas Remaja Kota Bekasi’, suara.com, Dec. 18, 2021. https://bekaci.suara.com/read/2021/12/18/140214/baru-gedung-bekasi-creativecenter-wadah-bagi-kreatifitas-remaja-kota-bekasi (accessed Jul. 13, 2022).

B. A. Hananto, ‘Tahapan Desain Sistem Tanda Interior Mini Mart (Studi Kasus: Wayfinding & Placemaking Signage Fmx Mart)’, Jdd, vol. 2, no. 2, pp. 135–150, Oct. 2017, doi: 10.25105/jdd.v2i2.2185.

A. Hanifunisa and W. Swasty, ‘Signage Yang Informatif Dan Interaktif Pada The Heritage Palace Kota Surakarta Jawa Tengah’, bahasarupa, vol. 3, no. 2, pp. 95–103, Apr. 2020, doi: 10.31598/bahasarupa.v3i2.452.

C. Calori and D. Vanden-Eynden, Signage and Wayfinding Design: A Complete Guide to Creating Environmental Graphic Design systems. Canada: New Jersey: John Wiley & Sons, Inc., 2015.

M. A. R. Zulkarnaen, S. Soedewi, and A. Kadarisman, ‘Perancangan Environtmental Graphic Design Pada Keraton Kanoman Cirebon Di Masa New Normal Pandemi Covid 19’, p. 15, 2021.

D. N. Wirasasmita and W. Swasty, ‘Redesain Sign System Pada Kawasan Obyek Wisata Yang Informatif Sebagai Usaha Untuk Membangun Citra Tempat’, bahasarupa, vol. 4, no. 1, pp. 17–27, Oct. 2020, doi: 10.31598/bahasarupa.v4i1.590.

L. Anggraini S. and K. Nathalia, Desain Komunikasi Visual; Dasar-dasar Panduan untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendekia, 2014.

A. Anggarini, Layout desain publikasi: Eksplorasi Teks dan Gambar. Depok: PNJ Press, 2019.

N. F. Tamami, ‘Media Komunikasi Visual Sign System Gedung Graha Mojokerto Service City’, vol. 1, no. 2, p. 11, 2020.

M. S. Faiz, A. I. Saidi, and G. Rudiyanto, ‘Kajian Semiotika Konotasi Ornamen Betawi Gigi Balang’, j.penelit., vol. 3, no. 1, pp. 79–86, Nov. 2020, doi:10.25105/jsrr.v3i1.8289.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.