Konsep Visual Minimalis Pada Desain Cover Buku Serangkai Rasa


Andini Azaria Prameswari, Anggi Anggarini, Djony Herfan

Abstract


Lonjakan minat generasi milenial terhadap puisi membuat para pengarang puisi semakin gencar dalam menerbitkan karya mereka menjadi sebuah buku. Hal ini yang membuat seorang pengarang puisi bernama Repta N.M. memutuskan untuk menerbitkan kumpulan karyanya melalui Penerbit Bintang Pustaka Madani. Dalam menerbitkan sebuah buku, Bintang Pustaka Madani memerlukan bantuan desainer untuk membuat cover buku yang tidak hanya menarik, namun juga mewakili isi buku. Metode penelitian yang digunakan dalam pengerjaan konsep visual adalah kualitatif deskriptif. Menggunakan observasi, wawancara, survei, dan studi literatur sebagai metode pengumpulan data, sedangkan untuk metode riset desain menggunakan design thinking. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah konsep visual yang akan dipakai pada cover buku dengan menerapkan konsep minimalis. Simpulan dari penelitian adalah hasil ujicoba yang mendapat respon positif dari beberapa sampel target market. Para sampel mengaku cover menarik dan telah mewakili keseluruhan isi buku.

Full Text:

PDF

References


D. Ferguson. (2019). Poetry sales soar as political millennials search for clarity. theguardian.com/books/2019/jan/21/poetry-sales-soar-as-political-millennials-search-for-clarity Diakses pada: 23 Mei 2022.

J. fatma Amran & Z. Agus. (2020). Makna Visual pada Book Cover Novel Bumi karya Tere Liye. DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual.

(2021). Why You Need a Book Designer. eliteauthors.com/blog/why-you-need-a-book-designer/ Diakses pada: 24 April 2022.

B. Schmarzo. (2017). Can Design Thinking Unleash Organizational Innovation? datasciencecentral.com/can-design-thinking-unleash-organizational-innovation/ Diakses pada: 24 April 2022.

L. F. Rohmah & H. Pratikto. (2019). Expressive Writing Therapy sebagai Media untuk Meningkatkan Kemampuan Pengungkapan Diri (Self Disclosure) pada Pasien Skizofrenia Hebefrenik. Psibernetika.

M. Tavaragi & Sushma C. (2016). Colors and Its Significance. Int J Indian Psychology

L. Anggraini & K. Nathalia. (2014). Desain Komunikasi Visual: Dasar-Dasar Panduan untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendekia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.