Analisis Penyebab Tinggi nya Return Customer pada Percetakan Fleksografi


Yunita Apriyanti, Zulkarnain Zulkarnain

Abstract


Pengendalian kualitas pada label kemasan belum berjalan secara efektif sehingga menyebabkan tingginya return customer karena banyaknya cacat pada produk di PT XY. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab cacat yang melewati batas kendali. Fokus dalam penelitian ini adalah pada cacat label kemasan yang di kebalikan oleh konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan Statistical Process Control (SPC) dengan menggunakan alat checksheet, diagram pareto, diagram peta kendali, dan diagram sebab-akibat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga jenis cacat tertinggi dengan persentase kumulatif sebesar 82,1% yaitu printing tidak sesuai, missregister, dan produk tidak sesuai. Namun dari ketiga jenis cacat, hanya satu jenis cacat yang melewati batas toleransi yaitu jenis cacat printing tidak sesuai dengan persentase kumulatif sebesar 45,08% dari total produk cacat. Dari hasil analisis diperoleh bahwa penyebab cacat printing tidak sesuai pada hasil produksi adalah karena kompetensi operator yang tidak terukur, kecepatan mesin diatas standar, posisi kerja yang tidak di evaluasi efisiensi nya, atau posisi produk semi finishgood tidak simetris/ center.


Full Text:

PDF

References


M. M. Ulkhaq, S. N. W. Pramono, and R. Halim, “Aplikasi Seven Tools untuk Mengurangi Cacat Produk pada Mesin Communite di PT. Masscom Graphy, Semarang,” JURNAL PASTI, vol. IX, no. 3, p. 11.

N. Suhartini, “Penerapan Metode Statistical Proses Control (SPC) dalam Mengidentifikasi Faktor Penyebab Utama Kecacatan pada Proses Produksi Produk ABC,” tekno, vol. 25, no. 1, pp. 10–23, 2020, doi: 10.35760/tr.2020.v25i1.2565.

Y. Attaqwa, A. Hamidiyah, and F. A. Ekoanindyo, “Product Quality Control Analysis with Statistical Process Control (SPC) Method in Weaving Section (Case Study PT.I),” IJCIS, vol. 2, no. 3, pp. 86–92, Aug. 2021, doi: 10.29040/ijcis.v2i3.43.

H. A. Fadhilah, “Analisa Pengendalian Kualitas Produk Packaging Karton Box PT. X dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Control,” SERAMBI ENGINEERING, vol. VII, no. 2, pp. 2948–2953, 2022.

I. Nursyamsi and A. Momon, “Analisa Pengendalian Kualitas Menggunakan Metode Seven Tools untuk Meminimalkan Return Konsumen di PT. XYZ,” JSE, vol. 7, no. 1, Jan. 2022, doi: 10.32672/jse.v7i1.3878.

J. H. Soedarto and S. Semarang, “Aplikasi Metode Seven Tools dan Analisis 5W+1H untuk Mengurangi Produk Cacat pada PT. Berlina, Tbk.,” Industrial Engineering Journal, vol. 5, no. 4, p. 9, 2016.

L. Parinduri and B. Harahap, “Penerapan Metode Statistical Process Control dalam Mengendalikan Kualitas Kertas Bobbin,” Buletin Teknik, vol. 14, no. 2, p. 6, 2018.

A. N. Rahmah and G. Pawitan, “Aplikasi Statistical Process Control (SPC) dalam Pengendalian Kualitas Produksi Susu di PT. Ultra Peternakan Bandung Selatan,” Jurnal Accounting and Bussiness Studies, vol. 2, no. 1, p. 18, 2017.

G. Batubara, N. M. S. Y. Permai, and I. Widowati, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Teh Hitam Di PT. Perkebunan Tambi Unit Perkebunan Bedakah Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah,” JDSE, vol. 22, no. 1, p. 1, Aug. 2021, doi: 10.31315/jdse.v22i1.5371.

I. Idris and R. A. Sari, “Pengendalian Kualitas Tempe dengan menggunakan Metode Seven Tools,” Jurnal Teknovasi, vol. 03, no. 1, pp. 66–80, 2016.

M. E. Aryadipo and A. Ali, “Analisis Pengendalian Mutu dengan Metode Statistical Process Control (SPC) Box Culvert pada PT. Lutvindo Wijaya Perkasa Pekanbaru,” Jurnal Riset Manajemen Indonesia, vol. 3, no. 1, p. 11, 2021.

H. Tarmizi and S. N. Indriyani, “Metode Control Chart dan Fishbone terhadap Produk Power House pada Unit Pengolahan Sampah Terpadu Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta,” JEI, vol. 21, no. 1, Apr. 2020, doi: 10.35137/jei.v21i1.399.

S. Norawati, “Analisis Pengendalian Mutu Produk Roti Manis dengan Metode Statistical Process Control (SPC) pada Kampar Bakery Bangkinang,” Menara Ekonomi, vol. V, no. 2, p. 8, 2019.

Z. Taufiqurrachman, H. Moektiwibowo, and D. B. Arianto, “Penerapan Metode Statistical Process Control pada Sistem Pengendalian Kualitas Produk Sabun Batang di PT. Classic Intermark, Tangerang.,” Jurnal Teknik Industri, vol. 6, no. 2, p. 9, 2017, doi: doi.org/10.35968/jtin.v6i2.224.

V. Devani and F. Wahyuni, “Pengendalian Kualitas Kertas Dengan Menggunakan Statistical Process Control di Paper Machine 3,” JITI, vol. 15, no. 2, p. 87, Jan. 2017, doi: 10.23917/jiti.v15i2.1504.

P. Hayashi, G. Abib, and N. Hoppen, “Validity in Qualitative Research: A Processual Approach,” TQR, Jan. 2019, doi: 10.46743/2160-3715/2019.3443.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.